Kamis, 04 Mei 2017

Infused Water, Manfaat Dan Cara Membuatnya


infused water
 
Air memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil.  Di antaranya, menyalurkan nutrisi kepada janin, mencegah dehidrasi, melindungi janin di dalam rahim, serta mengatasi sembelit.  Namun, sangat disayangkan apabila masih banyak ibu hamil yang tidak begitu doyan minum air putih.  Apakah Anda termasuk di dalamnya?
Lalu, bagaimana dengan Anda yang tidak begitu hobi minum air putih?  Jangan khawatir, Mam.  Sekarang ada tips bagi Anda yang kurang gemar mengonsumsi air putih murni, yaitu menyiasatinya dengan cara infused water.  

Infused water adalah cara menikmati air putih dengan diberi campuran buah-buahan untuk menambah rasa dan aroma.  Adapun cara membuat infused water sangatlah mudah, yaitu dengan memasukkan potongan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian diamkan selama beberapa jam hingga sari buah keluar.  Hasilnya, air putih akan memiliki aroma dan rasa sari buah yang dicampurkan ke dalamnya.
Secara medis, manfaat buah yang dipotong akan berkurang karena terpapar oksigan sehingga antiokisdannya berkurang.  Namun, air putih yang dicampur dengan buah tentu tetap bermanfaat bagi tubuh Anda.  
Di bawah ini beberapa jenis buah yang bisa Anda jadikan infused water serta manfaatnya.
  1. Teh hijau, daun mint, limau.  Bermanfaat untuk pembakaran lemak, melancarkan saluran pencernaan, mengobati sakit kepala, dan mengatasi sesak napas.
  2. Stroberi, kiwi. Bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, menjaga gula darah, dan melancarkan saluran pencernaan.
  3. Mentimun, limau, lemon.  Bermanfaat untuk mengobati perut kembung, menambah nafsu makan, mencegah hidrasi, dan melancarkan saluran pencernaan.
  4. Lemon, limau, jeruk.  Bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, menambah asupan vitamin C, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi perut mulas.  (Untuk minuman yang satu ini sebaiknya tidak diminum bagi Anda yang memiliki masalah dengan usus atau saluran pencernaan).
Bagaimana Mam?  Anda tertarik membuatnya?  Berikut ini cara membuat infused water.
  1. Pilih buah kategori acid favorit Anda, seperti stroberi, lemon, kiwi, nanas, jeruk, apel.  Jangan gunakan buah yang manis.  Pastikan buah yang Anda gunakan adalah matang, segar, dan bebas bahan pestisida atau zat kimia lainnya.
  2. Cuci bersih buah tersebut dengan air biasa (air matang). 
  3. Potong buah menjadi 2–4 bagian, tergantung ukurannya.  Buang bijinya (bila ada).
  4. Tuangkan air putih matang ke dalam wadah/teko (kira-kira 500 ml).  Untuk buah-buah seperti anggur, stroberi, atau buah berukuran kecil, 500 ml air untuk 8–10 buah.  Lebih baik tidak menambahkan gula atau pemanis. 
  5. Tutup wadah, lalu simpan di dalam lemari es.  Setelah 3 jam, infused water sudah dapat diminum.
Membuat infused water bisa di-mix (dicampur) dengan beberapa buah-buahan sekaligus.  Minuman infused water ini lebih nikmat bila diminum dalam kondisi dingin, namun tidak disarankan bila kondisi fisik Anda kurang sehat (sakit).  Nah, sangat mudah kan Mam membuat infused water sendiri.  Tunggu apa lagi?  Segera nikmati kesegaran dan manfaat dari buah dan air dalam satu hidangan minuman.   Selamat mencoba ….

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar