Kamis, 25 Mei 2017

Patung Peniup Seruling di Halaman Belakang Istana Bogor



Patung Peniup Seruling di halaman belakang Istana Bogor? Memang ada? Ah, kalau Anda bingung dan merasa tidak pernah melihat keberedaannya, tidak perlu merasa malu atau kaget. Banyak juga kok pengunjung Kebun Raya Bogor juga banyak yang tidak menyadarinya.

Mungkin karena itulah, patung ini tidak memiliki satu tulisanpun yang membahasnya. Bahkan foto-fotonya juga tidak ditemukan. Padahal saya sudah berusaha memasukkan berbagai variasi kata kunci di mesin pencari Google, dan hasilnya nihil. Bahkan namanya saja juga tidak muncul di hasil pencarian.Nihil.
Sayang sekali. Cobalah lihat sendiri foto yang diambil beberapa waktu lalu itu, enak sekali dipandang mata bukan? Lagi pula Istana Bogor dikenal sebagai gudangnya patung dan benda-benda seni lainnya. Tentunya patung ini bernilai seni tinggi juga dan memiliki sejarah di belakangnya.
Silakan lihat beberapa foto yang Lovely Bogor jepret. Hanya, jangan berpikir ngeres dan kotor yah, patung adalah sebuah benda seni dan tetap harus dipandang demikian.
patung peniup seruling di halaman belakang Istana Bogor 2
Yap. Peringatan di atas adalah karena patung peniup seruling ini tidak mengenakan baju. Mungkin pada saat kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi, patung ini juga ditutupi sarung atau pepohonan.
patung peniup suling di halaman belakang Istana Bogor 4
Memang sih, posisinya agak jauh dari tepi Danau Gunting. Jadi, untuk melihatnya secara jelas secara detail dengan mata telanjang agak susah. Foto-foto ini dihasilkan dengan menggunakan Lensa 55-250 mm. Jadi bisa agak jelas.
Tapi, hasilnya memang keren punya.  Ditunjang dengan rerumputan yang berwarna kekuningan dan hijau di belakangnya, hasil fotonya menjadi enak dipandang. Apalagi jika dikombinasikan dengan kreatifitas yang memotret, hasilnya bisa beragam.
Sayangnya, Lovely Bogor belum bisa menceritakan sejarah atau segala sesuatu yang berkaitan dengan Patung Peniup Seruling di halaman belakang Istana Bogor ini.
Referensinya tidak tersedia sama sekali. Bahkan, di jagad internet.
Apakah ada kaitan dengan kisah Peniup Seruling dari Hamelin yang terkenal itu (tahukan ceritanya?)? Mengapa tidak ada seruling di tangannya? Tidak tahu pasti. Usaha untuk mendapatkan penjelasan sudah dilakukan, bahkan dengan meninggalkan pesan pada seorang kenalan yang bekerja di Istana Bogor pun belum bisa memberikan hasil.
Mungkin nanti akan coba diceritakan pada tulisan terpisah. Kali ini, cukuplah menampilkan foto-foto keindahan si patung peniup seruling ini.
Jika Anda ingin melihat patung ini, dari Pintu I atau Gerbang Utama Kebun Raya Bogor, pergilah ke arah Danau Gunting dimana ada pigura raksasa. Pergilah ke arah kiri danau, berseberangan dengan arah lokasi Pohon Tertua di KRB.
Berjalanlah terus hingga Anda menemukan pagar dan kumpulan bunga Lotus seperti di foto. Palingkan mata ke arah kanan menghadap ke Istana Bogor dan Anda akan menemukan patung peniup seruling yang dimaksud.
Selamat mencari!
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar