Selasa, 09 Mei 2017

SOTO SANTAN BANG ALI: SOTO BOGOR DENGAN CITA RASA ACEH

Soto Santan Bang Ali Bogor
Kedai Soto Santan Bang Ali
Soto merupakan masakan khas nusantara dan masing-masing daerah memiliki kekhasannya masing-masing. Kalau Anda sedang liburan di Bogor, maka belum sah kalau belum mencicipi Soto Bogor.

Soto Bogor cukup mudah anda temui sepanjang jalan Kota Bogor. Salah satunya di Jalan Surya Kencana, daerah pecinan di Bogor. Ada beberapa warung tenda yang menjajakan Soto Bogor. Kalau sore atau malam, coba mampir di seberang mesjid raya Bogor, terdapat warung tenda yang menjajakan Soto Bogor. Bahkan dalam perumahan, ada penjual Soto Bogor yang menjajakannya menggunakan gerobak dorong.
Akan tetapi Soto Bogor ini yang satu ini berbeda rasanya dengan yang biasanya. Soto ini diberi nama Soto Santan Bang Ali. Pemiliknya bernama Bapak Ali Arifin, itu sebabnya diberi label Soto Santan Bang Ali. Bang Ali sudah berjualan sejak tahun 1975.
Apa yang membedakan Soto Santan Bang Ali dengan Soto Bogor lainnya? Soto Bogor biasanya bersantan dan berkuah kuning. Disajikan dengan potongan daging sapi, paru, babat, usus atau iso, dan lain-lain. Soto Santan Bang Ali merupakan Soto khas Bogor dengan racikan bumbu aceh. Sehingga patut disebut Soto Bogor, rasa Aceh. Hal ini tidak lain karena Bang Ali berasal dari Aceh.
Satu lagi yang membedakannya dengan Soto Bogor adalah semua bahan sotonya di goreng kecuali untuk daging dan babat. Paru, otak, kikil, usus, jantung digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan kuah soto. Disamping itu juga disajikannya bukan dengan mangkuk, akan tetapi disajikan dalam piring.
Bang Ali Sedang Menyiapkan Soto
Bang Ali Sedang Menyiapkan Soto
Kalau mau mencicipi Soto Santan Bang Ali ini, saya sarankan beberapa saat sebelum makan siang. Misalnya pada pukul 11 pagi atau setelah saat makan siang sekitar pukul 2 siang. Pada saat makan siang, warung ini cukup ramai. Jadi silakan bersabar untuk menunggu pesanan anda dibuatkan.
Jika datang ke warung ini, cukup duduk manis dan asisten Bang Ali akan menanyakan pesanan anda. Ada beberapa pilihan, mau dengan 1 potong daging pilihan atau 2 dan 3 daging pilihan yang bisa dicampur. Tentu denan harga yang berbeda-beda. Saat soto telah disiapkan, maka sepiring nasi hangat dengan ditaburi bawang gorengakan disajikan bersama sepiring soto pilihan.
Daging Soto Pilihan di Soto Santan Bang Ali Bogor
Daging Soto Pilihan di Soto Santan Bang ALi
How to get there?
Dari pertama Bang Ali berjualan, beliau membuka warung di Jalan Pemuda. Tidak jauh dari pabrik ban Good Year. Untuk mencapainya, Anda dapat menggunakan Angkot 07 (Jurusan Ciparigi (Jambu Dua) – Merdeka). Disamping itu, sejak tahun lalu Bang Ali akhirnya membuka cabang di Jalan Achmad Sobana atau dulu dikenal dengan Jalan Bangbarung. Sepanjang jalan ini merupakan salah satu sentra wisata kuliner Bogor. Anda dapat menggunakan angkot 08 (Jurusan Ciparigi (Jambu Dua) – Ramayana).

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar